Home / BERITA PENDIDIKAN / Buku Pantun NKRI Diluncurkan pada Peringatan Hardiknas

Buku Pantun NKRI Diluncurkan pada Peringatan Hardiknas

Oleh Wahyuni Purwanti, S.Pd

Guru Bahasa Indonesia SMPN 23 Katapang, Kabupaten Bandung

 

SABTU 12 Mei 2018, Balai Kota Bandung ramai dikunjungi para guru, siswa, dan warga sekitar, karena di gedung kantor Walikota Bandung itu, tengah digelar peringatan Hari Pendidikan Nasional. Di sana terlihat tenda-tenda berjajar rapi, yang merupakan stand-stand pendidikan. Stand-stand tersebut memamerkan karya-karya  inovatif, dan menyediakan informasi-informasi berkenaan dengan sekolah, atau lembaga pendidikan yang bersangkutan.

KepalaDinas Pendidikan kota Bandung, DR. Elih Sudiapermana, yang saat itu mengenakan kemeja batik dan topi hitam, tampak antusias mengunjungi berbagai stand pendidikan. Salah satu stand yang dikunjunginya, adalah stand SKB (Sekolah Kewajaran Bersikap) yang dipimpin oleh Doddi Ahmad Fauji. Saat itu, Doddi sedang memaparkan sejarah pantun Indonesia, dan materi jurnalis yang sangat penting untuk dikuasai oleh para guru. Doddi berharap, para guru bisa menulis laporan dari setiap peristiwa dengan faktual, akurat, dan menarik perhatian massa.

Peluncuran buku pantun NKRI dilaksanakan di Auditorium Rosada, pada pukul 13.00, yang dihadiri oleh para penulis pantun, yaitu guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia, dan Kadisdik Kota Bandung, DR. Elih Sudiapermana, beserta stafnya. Acara dibuka dengan pembacaan pantun oleh beberapa penulis pantun. Acara berikutnya sambutan dari Kadisdik Kota Bandung, yang mengapresiasi terbitnya buku pantun NKRI, dan berharap para guru selalu kreatif, juga dapat memahami pemikiran dan prinsip-prinsip pendidikan dari Ki Hajar Dewantara. Sambutan berikutnya dari Kepala SKB, tentang pantun di Indonesia dan mengenalkan puisi khas Jepang “haiku,” yang isinya berupa ajakan perenungan ke arah religius.

Acara berakhir pada pukul 15.00 WIB, yang ditutup dengan pembacaan pantun dari beberapa guru. Dengan peluncuruan buku pantun NKRI, diharapkan dapat bermanfaat dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan, dan dapat membentuk karakter serta akhlak mulia bagi peserta didik khususnya, dan warga Indonesia pada umumnya. (S-1)

Check Also

5 Besar UN Terbaik SMA DKI Jakarta

KOMPAS.com — Melalui sekolah masing-masing, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan hasil Ujian Nasional …

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Tanya Situ Seni

)
    is typing...

    Fill in the form below to send us a message.

    Send Message Cancel