Home / BERITA PENDIDIKAN / BUKU PANTUN NKRI, NUSANTARA BERKISAH, DILUNCURKAN

BUKU PANTUN NKRI, NUSANTARA BERKISAH, DILUNCURKAN

Oleh Elih Herlina

Guru SMP Negeri 1 Paseh Kabupaten Bandung

 

BUKU Pantun NKRI: Nusantara Berkisah, karya 113 guru dari  berbagai daerah di Indonesia, yang diterbitkan oleh SituSeni pimpinan Doddi Ahmad Fauji, diluncurkan pada Sabtu, 12 Mei 2018, di Gedung Auditorium Rosada, Balaikota Bandung. Peluncuran buku ini bergabung dengan kegiatan “Gebyar Bulan Pendidikan 2018 Disdik Kota Bandung,”  yang merupakan puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional, yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Pelaksanaan peluncuran berlansung pukul 13.00, yang dihadiri sebagian penulis pantun, yaitu guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia. Kadisdik Kota Bandung, Elih Sudiapermana, beserta stafnya, dan perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, hadir dalam peluncuran. Elih memang dijadwalkan untuk meluncurkan buku tersebut.

Kadisdik tampak sangat mengapresiasi terbitnya buku pantun NKRI, dan berharap agar para guru selalu kreatif dan inovatif, mengamalkan pemikiran dan prinsip-prinsip pendidikan dari Ki Hajar Dewantara. Pantun ini merupakan karya sastra masyarakat yang jangan sampai hilang.

Buku ini menjadi sebuah kebutuhan sebagai referensi pengembangan budaya literasi di sekolah dan guru sebagai pelaksananya. Buku pantun ini lahir dari diskusi interaktif para guru, di grup WA Guru Kreatif Nusantara.

Acara ditutup dengan pembacaan pantun oleh beberapa orang penulis dan para pejabat yang hadir terasa hangat, akrab dan meriah. Peluncuruan buku pantun NKRI diharapkan  bermanfaat dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan, dan dapat membentuk karakter, serta akhlak mulia.

Adapub Gebyar  Pendidikan, diselenggarakan di depan Balaikota Bandung. Perayaan itu ramai dikunjungi para guru, siswa, dan warga sekitar. Tenda-tenda berjajar rapi, yang merupakan stand-stand pendidikan dari berbagai jenjang dan jenis pendidikan. Stand-stand tersebut memamerkan karya-karya  inovatif, dan menyediakan informasi-informasi berkenaan dengan sekolah, atau lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Kepala Dinas Pendidikan kota Bandung, Dr. H. Elih Sudiapermana, M.Pd didampingi oleh beberapa orang stafnya, tampak antusias mengunjungi semua stand. Elih saat itu datang mengenakan kemeja batik kupu-kupu dan topi baret warna hitam, tampak sederhana dan ramah kepada semua orang. Tak jarang ia bercakap-cakap, bersenda gurau, bahkan berpoto bersama pengunjung dan penjaga stand yang dikunjunginya. (SS-1)

Check Also

5 Besar UN Terbaik SMA DKI Jakarta

KOMPAS.com — Melalui sekolah masing-masing, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan hasil Ujian Nasional …

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Tanya Situ Seni

)
    is typing...

    Fill in the form below to send us a message.

    Send Message Cancel