Home / ETALASE LITERASI / Pantun NKRI, Nusantara Berkisah

Pantun NKRI, Nusantara Berkisah

Karya 113 Guru dari Berbagai Daerah di Indonesia

Editor: Lilis Daryani, Mahmud Hidayat, Musliha Wardana

Tebal, 120 Halaman,

Cetakan Pertama, Mei 2018

Rp 70.000 (Belum termasuk ongkos kirim)

ISBN 978-602-5434-50-1

 

PENGAJARAN pantun di sekolah, cenderung menggunakan contoh pantun lawas yang sudah diajarkan sejak tahun 1970-an. Hal tersebut melahirkan tanya, apakah pantun itu hanya karya seni masa lalu, sementara telah terjadi banyak perubahan dalam kehidupan, yang semestinya terekam dalam seni pantun. Di sisi lain menimbulkan tanya yang lain pula, jangan-jangan para penyusun perbukuan untuk pengajaran pantun di sekolah, telah kehilangan kreativitas?

Menjawab dua pertanyaan di atas, para guru yang terhimpun dalam komunitas Guru Kreatif Nusantara, mencoba menulis Pantun NKRI dengan semangat baru, seperti yang terhimpun dalam buku pantun ini. Pantun NKRI yang dimaksud, adalah yang mengandung semangat kebangsaan dan persatuan, yang berhimpun dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebanyak 115 guru yang ikut menulis, kemudian ditunjuk dan ditugasi untuk menulis pantun dengan sampiran mengacu pada artefak budaya atau nama geografi dari suatu daerah, berdasarkan kategori provinsi. Ada 35 provinsi di Indonesia saat buku ini ditulis. Sebanyak 115 guru, disebar agar semua provinsi ikut dituliskan.

Penulisannya disilang. Guru yang berasal dari Sumatra Barat misalnya, diminta menulis pantun dengan sampiran dari provinsi lain. Hal tersebut ditempuh, sambil sekalian para guru tersebut mempelajari artefak budaya dan geografi dari daerah lain, supaya tahu dan mengenalnya. Kata pepatah: tak kenal, maka tak sayang. Mari kita menyayangi Indonesia, dengan cara mengenalinya. Buku pantun ini, juga bisa manjadi referensi untuk mengenali artefak budaya dan daerah di Indonesia.

Adapun isi pantun, adalah berupa ajakan untuk memuliakan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, kebhinekaan, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Maka jadilah buku pantun ini, sebagai penanda para guru dalam mencintai Indonesia, sekaligus memuliakan nilai-nilai tadi.

Semoga buku ini mendatangkan inspirasi, manfaat, dan menjadi spirit untuk tidak lelah-lelahnya membangun negara dan bangsa Indonesia dari perspektif seni tradisi dan pendidikan. Pantun memang bukan sekadar seni hiburan untuk tontonan, namun sekaligus menjadi seni tuntunan agar para pencipta dan apresiator, menjadi manusia yang lebih baik, dari waktu ke waktu.

Berminat terhadap buku ini, kontak WA No 0856.5937.7829

Check Also

JANJI FIRLY

Novel   NENENG HENDRIYANI Guru SMKN 1 Cibinong, Jawa Barat   Tebal         : 62 halaman …

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Tanya Situ Seni

)
    is typing...

    Fill in the form below to send us a message.

    Send Message Cancel